Sudah Tahu Rahasia Merawat Kalimba?

Setiap instrumen membutuhkan perawatan yang terampil untuk tampil dengan baik dan terdengar bagus seperti biasanya. Ada cara yang tepat untuk menjaganya tetap sehat dan bersih.  Kalimba yang sederhana dan praktis juga membutuhkan perawatan khusus agar tetap berkinerja baik. Meski muat di kantong, instrumen ini tetap membutuhkan beberapa langkah khusus untuk mempertahankan suaranya yang indah. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan.

Hindari Menyimpan Kalimba Di Suhu Lembab

Kebanyakan kalimba, terutama yang asli, terbuat dari kayu. Seperti gitar dan instrumen kayu lainnya, kita harus selalu memperhatikan suhu tempat kita menyimpan kalimba. Kayu bereaksi terhadap suhu lembab, terutama pada beberapa jenis kayu. Meskipun produsen biasanya tidak mengungkapkan jenis kayu yang mereka gunakan dalam membuat instrumen, ada beberapa panduan umum yang bisa kamu perhatikan.

Sebelum kamu menyimpan kalimba di dalam lemari atau tempat penyimpanan lainnya, selalu pastikan instrumen dalam keadaan kering dan bebas dari noda atau cairan apa pun. Kotoran tersebut dapat bereaksi terhadap suhu lembab dan dapat merusak kalimba kamu. Kalian juga bisa memeriksa sesekali, apakah kalimba kamu bebas dari debu, agar kayu dapat bernafas dengan baik dan tidak menjadi lebih rapuh yang dapat mempengaruhi suara kalimba kamu.

Setel Ulang Kalimba Kamu Sesekali

Meskipun nada kalimba terdengar pasti, terkadang nadanya bisa saja tidak sejajar dan menghasilkan suara 'berdengung', alih-alih suara khas instrumen yang manis. Masalah ini membutuhkan setelan lagi. 
Pertama, kamu dapat mencoba menggeser dengungan kalimba. Hal ini bisa membantu penyetelan ulang secara keseluruhan dan menghilangkan suara yang mendengung. Jika ini tidak berhasil, kamu dapat menggunakan kertas dan menggesernya di antara tine dan bridge. Biarkan tine mengendap dan sobek kertas yang tersisa.

Melembabkan Kayu

Sekali lagi, kayu adalah bahan utama untuk membuat kalimba. Dan seperti yang kita semua tahu, kayu lebih rentan terhadap kerusakan. Namun, kamu dapat memastikan bahwa kayu kalimba kamu tetap sehat dengan melembabkannya. Misalnya kamu bisa mengoleskan minyak shea butter atau kondisioner kayu ke bagian kayu kalimba dan diamkan selama setengah jam. Kemudian bersihkan pelembab yang kamu gunakan dan harus diulang setiap bulan untuk menghindari retak dan menjaga kilauan kayu.


You may also like

View all
Example blog post
Example blog post
Example blog post