Mengapa Gitar Akustik Lebih Baik daripada Gitar Elektrik?

Artikel diperuntukkan untuk kamu yang baru mau memulai belajar gitar, dan kebingungan dalam memilih gitar yang bisa memberikan kenyamanan dan mempermudah pembelajaran kamu. Beberapa dari kalian mungkin ada yang bertanya “Kenapa gitar akustik? dan bukan elektrik?”. Untuk pemula, gitar akustik sangat kami anjurkan. Kami akan memberikan banyak alasan mengapa gitar akustik itu lebih baik daripada gitar elektrik.

Gitar Akustik Terdengar Lebih Baik

Gitar akustik memiliki suara klasik yang lebih menenangkan, halus dan presisi daripada gitar listrik. Dengan gitar ini kamu bisa mendapatkan berbagai dinamika. Misalnya, kamu bisa langsung membuat suara yang bagus hanya dengan memetiknya. Chords juga terdengar lebih baik daripada pada gitar elektrik. Gitar akustik terdengar lebih dalam dan penuh. Karena gitar akustik lebih organik, hanya kayu dan baja, tanpa elektronik, kamu akan mendapatkan suara yang sesungguhnya. Ada kepuasan bahwa hanya kamu dan gitar yang menciptakan suara-suara itu dalam mengekspresikan kreativitas.

Gitar Akustik Lebih Mudah Diakses

Bicara tentang gitar akustik, kamu hanya perlu memilih untuk memainkannya. Kamu tidak memerlukan amplifier, dan chord, pedal, dan baterai. Ia lebih portabel dan mudah dibawa untuk bernyanyi bersama atau dalam keadaan macet. 

Ritme 

Gitar akustik sangat cocok untuk memainkan ritme. Hal terpenting dalam bermain gitar adalah belajar bermain dalam ritme atau waktu. Dan gitar akustik lebih alami perkusi daripada gitar listrik. Jangan salah paham, memang ada ruang untuk skala, mode dan solo. Tapi ketika bermain gitar, mulailah dengan akustik. Biasakan ritme kamu, pelajari dengan sangat baik.

Kekuatan Tangan

Aksi pada gitar akustik mungkin akan menjadi sedikit lebih tinggi daripada elektrik. Ini membuat beberapa pemula takut. Tetapi jika kamu belajar memainkan chords terbuka dan chords barre pada akustik, kamu akan membangun kekuatan tanganmu. Kekuatan tangan penting saat memainkan segala jenis alat musik yang digesek. Dan setelah kamu sudah memiliki kekuatan itu, dan mempertahankannya, bermain gitar jenis apapun akan lebih mudah. 

Keterampilan 

Apa yang kamu pelajari pada gitar akustik dalam strumming, picking, chords, structure, rhythm, timing dan scales akan diterjemahkan dengan sangat baik ke gitar listrik jika kamu sudah menguasainya. Kekuatan tangan yang kamu peroleh dari bermain gitar akustik juga akan terlihat jika kamu memainkan gitar elektrik.


You may also like

View all
Example blog post
Example blog post
Example blog post