Kapan Saatnya Harus Mengganti Senar Gitar Akustik Kamu?

Salah satu cara terbaik untuk merawat gitar akustik dan menjaganya agar tetap dalam kualitas terbaik adalah dengan mengidentifikasi saat senar sudah dalam keadaan tua dan perlu diganti. Kamu mungkin perlu mengganti senar gitar akustik lama kamu jika menghadapi salah satu masalah berikut.

Senar Terdengar Tumpul atau Mati

Suara senar yang membosankan itu kikuk. Nada-nadanya terdengar tidak selaras dan datar, walaupun kamu menyetel gitar akustik dengan benar. Senar mati itu berarti senar sudah aus dan tidak boleh digunakan lagi karena tidak dapat dimainkan dengan baik. Jika kamu mendengar atau merasakan nada yang tumpul dari senar kamu, segera ubah.

Senar Memiliki Terlalu Banyak Gesekan

Jika kamu sering bermain gitar dengan tangan yang terdapat kotoran, minyak, dan keringat, tentu mereka akan ikut berpindah ke senar. Kotoran-kotoran ini mengendap dari tangan ke senar-senar setiap kali kamu bermain. Ini adalah tugas kamu untuk meminimalisirkan efeknya. Senar yang kotor akan menimbulkan masalah saat sedang bermain. Sekarang saatnya untuk mendapatkan satu set senar baru pada gitar akustik kamu.

Senar Terlihat Kotor

Bercak perubahan warna pada senar kamu adalah tanda pasti bahwa senar tersebut sudah perlu diganti. Endapan dan korosi dari tangan cenderung akan menghitamkan senar dan membuatnya tampak berbintik atau bernoda. Jika kamu melihat hal ini dengan jelas dari string lama kamu, segeralah ganti.

Senar Yang Rapuh Tidak Akan Meregang

Jika kamu membengkokkan senar untuk teknik intonasi dan senarnya menjadi lebih rapuh, maka sudah waktunya untuk diganti. Senar cenderung menimbulkan korosi dan tidak akan sefleksibel dulu, sehingga lebih sulit untuk diregangkan dan dimainkan. Senar kemungkinan juga rapuh karena penyimpanan gitar yang tidak dengan benar. Pastikan untuk menyimpan gitar di tempat yang tidak memiliki perbedaan suhu dan kelembapan yang ekstremKelembaban dan suhu yang berubah dapat merusak senar dan umurnya menjadi lebih singkat.

Nada yang Terus Tidak Selaras

Senar yang tegang, terkorosi, atau tumpul akan cenderung tidak selaras dengan cepat. Maka ganti tali lama kamu jika kebiasaan ini sudah mengganggu.

Jaga Agar Tali Tetap Bersih

Semakin kotor tangan kamu sebelum bermain, semakin banyak minyak, keringat, kulit, dan kotoran yang terendapkan pada senar. Senar kotor terdengar membosankan dan lebih menantang untuk dimainkan. Membersihkan tangan sebelum menggunakan alat musik adalah salah satu langkah paling penting dan yang dapat melindungi dari korosi dan minyak serta kotoran yang tidak diinginkan. Kamu akan membuat senar terdengar lebih cerah dan bermain lebih lama jika kamu selalu ingat dalam memastikan tangan yang bersih sebelum memainkan gitar akustik.


You may also like

View all
Example blog post
Example blog post
Example blog post